Referensi

Jodoh ada di tangan Tuhan, Apa maksudnya ?

Halo para sahabat jombloers yang lagi galau tentang jodoh, percaya gak Jodoh ada di tangan Tuhan ?. Gak ada salahnya kalian mencoba membaca dan menelaah tulisan pendek ini yang saya rangkum berdasarkan pengalaman dan pengamatan pribadi selama bertahun-tahun. Apa sih jodoh itu, dan bagaimana cara kerja jodoh ? akan dibahas lengkap di blog perjodohan ini secara gampang dan sederhana.

Seringkali kita mendengar orang berkata, bahwa jodoh itu ada di tangan Tuhan, ada juga orang lain berkata bahwa jodoh itu tidak ditunggu tetapi harus dijemput, ada lagi yang berkata bahwa jodoh harus diusahakan, enggak bisa kalau hanya diam. Jadi sebenarnya apa makna jodoh ini ?

Pernyataan diatas sering kita dengar dan menjadi kegalauan yang utama bagi para pencari jodoh, yang masih single dan masih galau siapa sih kelak pendamping hidup kita. Terlebih lagi banyak suara-suara di samping kanan kiri yang kurang nyaman di hati, banyak sindiran dan “nyinyir” kenapa kita masih jomblo. Bagaimana cara menyikapinya ?

Tingkat Rahasia Jodoh

Tingkatan rahasia jodoh memang sangat tinggi, untuk itulah kehidupan ini menjadi sangat seru. Tak dipungkiri bahwa tingkat rahasia jodoh itu setara dengan rahasia kematian. Kok Bisa ? karena dalam ajaran Islam telah disebutkan bahwa ketika janin berusia 4 bulan di dalam kandungan, bersamaan dengan ditiupkannya ruh, ada 4 perkara yang ditetapkan, yaitu : Kematian, Jodoh, Rezeki, dan kadar Susah & Senang. Keempatnya ini adalah rahasia paling sakral dalam kehidupan manusia.

Tetapi kita disini hanya akan membahas tentang jodoh saja, karena memang ini adalah blog tentang jodoh. Hehehe… Jadi kalau kita bertanya “siapa ya jodoh kita”, itu sama tingkat nya dengan kita bertanya “kapan ya kita mati”.

Jodoh Sudah Ditakdirkan atau Harus Berusaha ?

Jodoh memang sudah ditakdirkan, tetapi apa yang ditakdirkan kita enggak sepenuhnya tahu apa rahasia Tuhan ini. Apakah orang nya dengan nama dan alamat, apakah waktunya, apakah ciri-ciri jodoh kita yang sudah ditakdirkan. Yang perlu kita pegang teguh adalah Jodoh itu harus diusahakan, dengan cara yang benar (sesuai dengan tuntunan agama masing-masing).

Apakah menyambut jodoh itu dengan pacaran ? tentu saja ini akan menuai polemik, karena hukum agama Islam sendiri melarang untuk pacaran, dan manusia bingung bagaimana bisa dapat jodoh tanpa pacaran ? banyak kok diluar sana yang mendapatkan jodoh tanpa pacaran. Lalu gimana caranya ? Secara gampang nya sih bisa dikatakan “kalau udah cocok, ya langsung dilamar dan tentukan tanggal pernikahan”. Tapi mungkin pada prakteknya tidak semua orang akan menemui hal ini dengan mudah.

Jodoh itu pasti akan “sekufu” dengan kita, dengan kata lain akan “setingkat”, atau maksudnya begini, Jika kita adalah orang yang suka mencuri, jodoh kita biasanya akan sama seperti kita. Ketika kita menjadi orang yang rajin beribadah, jodoh kita enggak akan jauh2 dari sifat kita. Wanita yang baik adalah untuk pria yang baik.

Bagaimana cara mengusahakan Jodoh selain pacaran ?

Ada banyak cara untuk mengusahakan jodoh selain pacaran. yaitu dengan :

  1. Karena jodoh di tangan Tuhan, maka kita harus Mendekatkan diri kepada Tuhan, dengan banyak beribadah dan berdoa. Agar Tuhan mengaturkan jodoh kita dengan orang yang baik. Jodoh di tangan Tuhan, artinya Tuhan berhak mengubah-ubah dan mengatur siapa jodoh kita.
  2. Berusaha menjadi orang yang baik, hindari semua bentuk maksiat, agar Tuhan mengaturkan jodoh kita dan mendekatkan kita kepada orang-orang yang baik. Orang yang gemar pengajian, jodohnya enggak akan jauh2 kok dari jamaah pengajian juga. (Ini akan kita bahas di tulisan-tulisan berikutnya)
  3. Sholat Istikhoroh (Meminta petunjuk kepada Tuhan) siapakah yang sebenarnya harus kita dekati, atau apa yang harus kita lakukan sekarang (akan dibahas di tulisan-tulisan berikutnya)
  4. Berusaha dengan benar, jika sudah keliatan siapa yang membuat hati kita mantab, jangan menunda lagi, langsung diniatkan untuk melamar dan menikahinya. Pastikan tanggal lamaran dan pernikahan enggak terlalu jauh (tentang lamaran juga akan kita bahas di kemudian hari)
  5. Menikahlah dengan cara yang benar sesuai dengan aturan agama, adat istiadat, dan aturan pemerintah yang sah.

Ok sobat mungkin sekian dulu tulisan pertama ini, mohon masukannya di kolom komentar, dan jangan lupa untuk share ke temen-temen jomblo yang lain, dan di group FB,WA, yang isinya orang-orang senasib yang galau tentang jodoh, hehehe. Pissss..

Komentar Anda

Anda mungkin juga menyukai