Tak Berkategori

Bagaimana cara Sholat Istikhoroh ?

Bagaimana sih sholat Istikhoroh itu ? dan kapan atau saa seperti apa kita harus melakukannya ? itu mungkin adalah pertanyaan-pertanyaan yang timbul bagi seseorang yang sedang dilanda kegalauan masalah jodoh.

Bagi temen-temen yang belum mengetahui apa itu sholat Istikhoroh terutama bagi pembaca non muslim, Sholat istikhoroh adalah ibadah khusus untuk mendapatkan petunjuk dari Alloh SWT saat kita dilanda kebingungan harus memilih salah satu dari pilihan-pilihan.

Seberapa Pentingnya Sholat Istikhoroh ?

Sholat istikhoroh sangatlah penting karena dengan ibadah ini berarti kita menyerahkan diri kepada Tuhan dalam pengambilan keputusan atas suatu masalah yang besar dalam hidup kita dan masa depan kita. Bagi orang-orang yang sudah sering melakukan Istikhoroh dalam beberapa hal seperti dalam memilih kampus untuk kuliah, memilih pekerjaan, dan memilih lokasi tempat tinggal, ini mungkin adalah hal biasa. Tetapi bagi temen-temen yang jarang atau belum pernah sama sekali, mungkin hal ini sedikit agak membingungkan.

Kapan kita harus melakukannya ?

Sebenarnya sholat istikhoroh tidak melulu harus dikaitkan tentang jodoh, akan tetapi ramai khalayak yang melakukannya untuk tujuan ini.

Saat kita merasa ragu-ragu dalam memilih beberapa pilihan. Misalkan si Rudi saat ini sedang dekat dengan beberapa wanita yang sudah memberikan sinyal hijau, sebut saja ada Ani, Silvia, dan Siti. Rudi bingung memilih diantara ketiganya, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Rudi merasa sudah saatnya dia menikah, akan tetapi dengan siapa ? Ani, Silvia, atau Siti ? siapa yang harus dia lamar dan diajak ke meja penghulu ?

Kebimbangan demi kebimbangan selalu menghampiri Rudi setiap malam. tetapi jika kita mengerti maksud dari Jodoh ada Di Tangan Tuhan maka Rudi akan mengembalikan semua keputusannya kepada Tuhan. Dengan cara apa ? Yaps… Sholat Istikhoroh.

Apa yang harus dilakukan ?

Yang pertama kali dilakukan Rudi adalah memilih waktu yang tenang dan tepat untuk menjalankan ibadah sakaral ini. Rudi memilih waktu di sepertiga malam yaitu jam setengah tiga (2.30) dini hari.

Rudi berniat untuk melakukan sholat istikhoroh, setelah bersuci dengan air wudhu, Rudi menjalankan sholat 2 rakaat seperti biasa dengan diniatkan sholat Istikhoroh minta petunjuk kepada Alloh. Ada kunci yang sangat penting disini untuk kesuksesan ibadah ini. Apa itu ?

A. Ikhlas

Keihklasan ini adalah dasar dari segalanya, dari segala kesuksesan ibadah adalah ikhlas, apa itu ikhlas ? yaitu melaksanakannya tanpa paksaan, dan dengan rasa rendah diri menghadap kepada Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu, memohon petunjuk dengan sungguh sungguh tanpa tendensi apapun. Bukan untuk menguatkan pilihan Rudi antara Ani, Silvia, dan Siti. Tetapi benar-benar memasrahkan ketiganya kepada Alloh SWT.

B. Khusuk

Berdoa dengan sungguh-sungguh, jangan terganggu dengan pikiran ataupun nafsu apapun. Usahakan diri tetap tenang dan bungkam dulu otak liar kita. Serahkan setulus hati fokus pada berdoa memohon petunjuk Alloh SWT Tuhan YME. Berdoalah agar Alloh SWT menunjukkan siapakah yang sebenarnya paling baik menurut Aloh SWT untuk diri kita. Siapakah yang berjodoh sebenar-benarnya terhadap kita. Jangan ada rasa tendensius, fokus dan serahkan semua pada Alloh SWT.

C. Sabar dan Tawakal

Setelah selesai melakukan sholat 2 rakaat, misalkan masih kurang mantab ya tambah 2 rakaat lagi tidak masalah. Tetapi terkadang 2 rakaat juga sudah cukup. Setelah semua dilakukan. Kita harus bersabar menunggu jawaban dari Alloh SWT dan berserah diri pada apapun hasil yang akan diterima. Jauhkanlah mereka yang buruk terhadap kita, dan dekatkanlah mereka yang baik terhadap kita.

Apakah jawaban selalu muncul dalam Mimpi ?

Tidak tentu juga, terkadang memang dalam mimpi, tetapi lebih sering muncul dalam kemantapan hati. Nanti akan ada seperti yang membisikkan “Hai Rudi, sudahlah, tinggalkanlah yang 2 (Ani dan Silvia), berusahalah pada Siti, dia akan memberikan kebaikan kepadamu di masa depan. (kira-kira seperti itu lah maknanya atau dalam narasi yang lain)”, jika kita masih tidak yakin dengna kemantapan hati yang tiba-tiba muncul itu. Ulangilah sholat istikhoroh tadi beberapa kali, itu sah sah saja. Kalau memang itu benar bisikan dari Alloh SWT, jawabannya akan sama dan hati kita semakin mantab.

Lalu selanjutnya setelah mantab ?

Jika merasa sudah ada jawaban dan kemantapan hati. Bersegeralah untuk beraksi, itu bola panas sudah ada di kita. Kita harus segera mempersiapkan langkah selanjutnya. Apakah itu ?

Berusahalah menghubungi orang tuanya Siti (ilustrasi). Sebaiknya datang ke rumah dengan cara baik-baik. Jika takut sendirian, bisa minta tolong saudara / mahram yang menemani, Ditemani orang tua sendiri malah lebih baik. Kunjungi rumahnya, jangan lupa ucapkan salam. dan utarakan maksud kedatangannya untuk melakukan “khitbah” kemudian mengajukan lamaran. Khitbah adalah sebuah proses melihat calon istri di rumahnya.

Oiya, proses pertamuan ini bisa juga dengan membuat janji terlebih dahulu antara kedua keluarga agar sama-sama longgar. Dan pastikan si dia belum dilamar oleh siapapun sebelumnya (status tidak dalam proses pinangan)

Khitbah disunnahkan agar kita bisa melihat kecantikan dari pujaan hati dan lebih mantab untuk menikahinya. Apabila sudah benar-benar yakin, silakan ajukan lamaran bahwa sebenarnya kita akan serius kepada putri bapak, mempererat tali persaudaraan dengan menikahi anak Bapak, atau bahasa-bahasa semacamnya. Insya Alloh orang tua sudah mengerti.

Bersyukurlah jika langsung dijawab, dan bersabarlah jika harus menunggu. Bergembiralah jika lamaran diterima, dan ikhlaskan jika lamaran ditolak. Jika hasil dari sholat istikhoroh tadi kok ternyata ditolak, coba cek kembali apakah kita sudah melakukan tahapan-tahapannya dengan baik, dan “sekufu” dengan calon pasangan kita. Karena itu bisa berubaha kapanpun, berusahalah untuk tetapi menjadi lebih baik dan memikat keluarga wanita. Yakinkanlah bahwa lelaki yang melamarnya ini mampu untuk menghidupi putri terbaiknya.

Komentar Anda